Spa di Rumah ? Mengapa Tidak…

(Dikutip dari Tabloid Nova)
spa-di-rumahTempat spa kini menjamur. Dari yang menawarkan paket sederhana hingga yang lengkap. Tetapi, dengan kondisi perjalanan yang serba macet, akankah membuat Anda tambah rileks?

Mari mencoba spa di rumah. Dimulai dari ‘paket’ yang sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hasilnya? Tidak kalah dari spa profesional!
Spa diartikan sebagai tempat perawatan tubuh dan rileksasi pikiran dengan menggunakan air. Spa sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Sebelum Anda ber-spa, siapkan perlengkapan, seperti:
• spons mandi
• handuk kering
• lilin wangi
• essential oil
• sikat kaki dan
• wadah untuk merendam kaki

Siapkan juga bahan-bahan spa:
• scrub tubuh (body scrub)
• minyak untuk pijat (massage oil)
• garam mandi (bath salt)
• sabun natural
• lotion tubuh

Dimulai Dengan Rendaman Kaki
Biasanya, rangkaian spa dimulai dengan rendaman kaki. Ini akan membuat otot-otot kaki yang menegang akibat memakai sepatu hak tinggi atau Anda yang sering berjalan kaki, menjadi sedikit mengendur.
• Potong kuku kaki model oval dan bersihkan kuteks dengan aseton.
• Celupkan kaki kita ke dalam air hangat yang telah diberi essential oil agar harum.
• Rendam kurang lebih 5 menit sampai urat kaki terasa terasa lebih rileks, lalu sikat pinggiran kuku supaya tidak ada kotoran yang terselip.
• Angkat kaki, lalu, keringkan dengan handuk kecil dan mulailah untuk memberikan scrub kaki. Gosok dengan sedikit tekanan agar kotoran pada kulit hilang.
• Bersihkan kaki dengan merendam sekali lagi di air hangat yang bersih.

Pijat tradisional
Sebelum ke perawatan berikutnya, Anda perlu melakukan proses pemijatan. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah. Anda dapat memanggil seorang pemijat tradisional untuk datang ke rumah. Pijatan yang dimulai dari kepala, punggung, lengan, sampai kaki, akan membuat badan terasa segar. Gunakan massage oil aroma bunga yang dapat menenangkan pikiran Anda.

Scrubbing

Perawatan berikutnya adalah scrubbing. Untuk meluruhkan kototan-kotoran yang menempel pada kulit, gunakan scrub tubuh dengan butiran yang sedikit kasar. Banyak pilihan scrub tubuh yang terbuat dari bahan alami, seperti dari bahan cokelat, kacang-kacangan, kopi, biji gandum, dan sebagainya. Oleskan perlahan ke seluruh tubuh, lalu gosokkan dengan sedikit ditekan agar kotoran keluar.

Shower atau Berendam
Mandi dengan menggunakan shower atau berendam di bath tub, sama-sama dapat membuat Anda rileks. Jika Anda menggunakan shower dengan air hangat, tekanan-tekanan dari butiran air yang jatuh, seakan memijit kepala dan tubuh kita.
Jika Anda memilih bath tub, Anda dapat mengendurkan otot-otot Anda yang tegang dengan mencampurkan garam mandi ke dalam bath tub air hangat. Anda juga dapat mencoba susu mandi (milk bath) untuk melembapkan dan membersihkan tubuh.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun alami untuk hasil maksimal. Pilih aroma buah-buahan agar dapat meningkatkan spirit Anda. Selain wangi, sabun berbahan dasar alami, juga tidak membuat kulit kering.
Pernik spa
1. Atur cahaya. Cahaya lilin yang temaram, dipastikan akan membuat suasana spa terasa nyaman.
2. Taruh lilin wangi atau aromateraphy burn oil pada ruangan atau kamar mandi. Wewangian juga dapat menghilangkan stress atau membuat pikiran menjadi rileks.
3. Pasang alunan musik yang menenangkan. Alunan suara-suara yang menenangkan juga dapat menghilangkan stress.
4. Pilih waktu spa Anda yang benar-benar jauh dari gangguan telepon, pertemuan dan sebagainya.

2 responses to “Spa di Rumah ? Mengapa Tidak…

  1. LeyehLeyeh_home.Spa

    waoh tulisannya menarik banget,jika anda lagi berkunjung ke semarang bisa saya bantu dengan therapish kami? silakan kunjungi http://therapish.blogspot.com ato YM zaitun_bunga@yahoo.co.id add aj ……..ato 081326314393….

  2. Dear Mbak,
    ijin buat ku sharing yaaaa…artikel nya menarik🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s