Spa sebagai Obat Stres

stressKesibukan dan gaya hidup metropolitan yang sarat problema sering memicu ketegangan psikis di kalangan eksekutif muda. Suasana kantor yang menjemukan, lalulintas jalanan yang macet, konflik dengan relasi bisnis, merupakan sebagian contoh kasus yang bisa mendorong munculnya ketegangan psikis. Apalagi bagi para eksekutif muda yang memiliki seabrek aktivitas. Kelelahan fisik dan tekanan pikiran acapkali menjadi menu sehari-hari. Bila hal ini terus dibiarkan berlarut, tidak mustahil akan menimbulkan stres.

Untuk mengendorkan urat saraf, sebagian mereka kadangkala mengunjungi tempat-tempat hiburan malam, sekadar menenggak minuman beralkohol atau bersenang-senang bersama kolega. Tapi ini bukanlah cara yang manjur, bahkan bisa menambah masalah baru. Ketika pesta berlalu, ketegangan justru makin memuncak. Sementara, terapi medis terhadap munculnya ketegangan seperti itu seringkali juga kurang mujarab.

Itu sebabnya penyembuhan secara alami (back to nature) makin diminati. Salah satu jenis terapi ini adalah spa dengan menggunakan air. Sebagai bagian dari gaya hidup kalangan eksekutif muda, spa tak sekadar menawarkan perawatan kebugaran dan kecantikan, tetapi juga menyuguhkan fasilitas yang lebih lengkap, sehingga menjadi pilihan tepat untuk penyembuhan sebuah penyakit.

Spa akan memanjakan pengunjung dengan berbagai jenis terapi. Jenis layanannya pun beraneka raga, mulai dari terapi dengan tekanan pada kekuatan tertentu, gelombang air, terapi air hangat, terapi aroma, hingga terapi musik. Ini semua masih juga ditambah dengan berbagai racikan ramuan tradisional serta spa cuisine and nutrition (dapur dan nutrisi spa) yang bisa menghilangkan rasa lelah, pegal, dan berbagai keluhan lain.

Berbagai terapi dengan menggunakan air sebenarnya sudah dikenal sejak lama di belahan dunia. Dari sejarahnya, istilah ‘’spa’’ berasal dari kata ‘’spau’’, nama sebuah desa dekat Liege di Belgia yang terkenal sejak abad ke-16 dengan kolam air mineralnya. Di tempat itu, dulu ada sumber air yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Selama berabad-abad kolam spa menjadi kegemaran golongan bangsawan dan raja. Ada yang bilang, spa berasal dari bahasa Yunani (solous per aqua), yang artinya ‘’penyembuhan lewat air’’. Malah, lebih jauh lagi, spa sudah ada sejak zaman Romawi. Konon, Cleopatra pun selalu mempercantik penampilannya dengan berendam di air panas yang dicampuri berbagai wewangian dari minyak asiri.

Malah Hippocrates, tokoh pengobatan asal Yunani, pernah mempraktikkan cara perawatan di pusat tersebut dan kemudian menulis tentang hidroterapi. Keajaiban dan kehebatan pemandian ini kemudian disebarkan oleh orang-orang Roma ke seluruh Eropa hingga akhirnya tersebar di seantero jagad raya.

Di Indonesia, Mooryati Soedibyo, ahli kecantikan yang juga pendiri Taman Sari Royal Heritage Spa, sudah lama mengenal terapi air yang dulu biasa dilakukan di lingkungan keraton. Misalnya rawatan mandi dengan wewangian bunga bagi seorang calon pengantin atau terapi dengan ramuan bahan alami, seperti lulur, mangir dan ramuan-ramuan lainnya. ‘’Sekalipun spa konon berasal dari Belgia, tapi orang kita pun sebenarnya sudah lama mengenal cara terapi seperti itu,’’ tutur Mooryati.

Rifki, seorang account executive di perusahaan makanan berlabel Jerman, mengamini ucapan Mooryati. Dengan berendam di tengah air hangat dan dilanjutkan dengan pijatan di sekujur tubuh, kata Rifki, siapa pun bisa menghilangkan stress, kepenatan jiwa, dan rasa lelah. Sudah tentu spa memang menjanjikan pengalaman yang luar biasa.

‘’Saya merasakan nuansa yang lebih rileks dan kondisi tubuh saya kembali prima. Biasanya saya pergi ke tempat spa seminggu sekali. Saya sangat merasakan manfaatnya pada tubuh, ‘beda’ dari biasanya,’’ katanya.

2 responses to “Spa sebagai Obat Stres

  1. spa obat stress? bener bangetss…. setuju..!!
    thx for share yah..

  2. LeyehLeyeh_home.Spa

    spa obat stress…setuju juga tuch….yang butuh therapish orang semarang ya….ke rumah (khusus wanita) ayo hubungi aku ya…http://therapish.blogspot.com ym zaitun_bunga@yahoo.co.id hp : 081326314393

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s