Ritual Mandi Sehat

mandi

mandi

Air memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan seseorang dan merupakan hal penting bagi perempuan. Tetapi anda juga harus memahami pelengkap yang menyertai saat anda mandi. Karena sebenarnya mandi bukan hanya sebagai ritual harian untuk membersihkan tubuh anda semata-mata tetapi juga bisa menghaluskan kulit, peredaran darah pun akan menjadi lancar dan tubuh anda menjadi lebih nyaman serta bugar.

Bila anda ingin memiliki kulit yang lebih halus maka ritual mandi dapat membantu mengikis kulit mati dan menyegarkan kulit baru. Anda bisa gunakan sabun atau bath gel yang mengandung pelembab sebagai ganti sabun biasa. Bagi anda yang memiliki bak rendam, coba mandi susu yang merupakan cara mandi ala ratu Cleopatra. Penuhi bak rendam anda dengan air hangat tetapi janganlah terlalu panas karena akan membuat kulit kering anda dan mengalami dehidrasi. Anda bisa tambahkan dua gelas susu murni.

Manfaat dari menggunakan susu adalah karena terdapat kandungan whey protein yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan mampu meluruhkan kulit mati dengan kekayaan lactic acid-nya (sejenis AHA) serta menenangkan kulit anda. Berendamlah selama 20 menit karena selama ini adalah waktu yang optimal agar pelembap menyerap sempurna ke dalam kulit.

Cobalah anda rileks dan rasakan kesegarannya. Setelah selesai keringkan tubuh anda dengan menepuk-nepukkan handuk untuk mengeringkan tubuh (sebaiknya jangan anda gosok-gosokkan handuk terlalu keras) dan sebelum kulit mengering, oleskan body lotion.

Anda bisa gunakan minyak mandi (bath oil) atau baby oil sebagai ganti susu. Tuangkan kira-kira satu sendok makan agar kulit tidak terlampau berminyak. Tetapi setelah mandi anda tidak perlu lagi mengoleskan body lotion.

Agar bath oil dan kandungan pelembap dari susu benar-benar meresap maka sebaiknya anda bersihkan kulit tubuh terlebih dahulu dengan cara menggosoknya dengan body scrub sebelum mandi.

Jika anda ingin mendapatkan kesegaran dengan air dingin maka anda bisa gunakan mandi di Shower. Mandilah dengan air hangat selama beberapa menit lalu lanjutkan dengan air dingin sebagai bagian akhir. Sedangkan untuk mandi berendam maka anda bisa penuhi bak mandi dengan air hangat dan gunakan bath foam atau bath oil dengan aroma yang segar seperti lemon, orange maupun pine (cemara). Sikat tubuh dengan sikat khusus (body brush) dengan gerakan melingkar dari bawah ke arah tengah tubuh (ke arah jantung).

Hal ini sangat baik untuk merangsang sirkulasi darah. Berendamlah selama 10 menit, sambil anda menyeruput secangkir teh rasa peppermint atau teh hijau. Posisikan jari jemari kaki anda dekat dengan kran. Sedikit demi sedikit kucurkan air dingin di jari jemari kaki untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menyegarkan tubuh. Keluarlah dari bak ketika air sudah menjadi dingin. Gunakan body lotion sesudahnya. Jika anda menderita penyakit jantung sebaiknya anda hindari menggunakan suhu air yang sangat ekstrim seperti dari air hangat langsung ke air dingin.

Bagi anda yang ingin merasakan relaksasi maka anda bisa mengisi bak mandi dengan air hangat yang bertemperatur sekitar 38 celcius. Karena air dalam temperatur mampu menghilangkan ketegangan otot serta menstimulir produksi kelenjar otak yang akan membuat tubuh terasa tenang dan santai. Campurkan air hangat tersebut dengan minyak esensial yang menenangkan seperti lavender maupun patchouli. Berendamlah selama 20 hingga 30 menit dan nikmati rasa tenang dan nyaman. Agar terasa lebih tenang maka coba temaramkan lampu dan ganti penerangan dengan lilin-lilin. Anda bisa memilih jenis scented candles atau lilin dengan aroma yang sama dengan aroma bath oil yang anda gunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s